KPU Salah Input Data, Prabowo Sandi Kelebihan 600 Suara

Makviral.com – Kejanggalan eksemplar isian C1 di Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) terjadi di TPS 07 Cilowong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang. Ada keunggulan suara guna pasangan Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sejumlah 784 suara. 

Dari data yang tercantum di Situng, di TPS 07 Cilowong total jumlah suara sah dan suara tidak sah sejumlah 252 suara. Pasangan Capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin mendapat 57 suara dan Prabowo-Sandiaga terdaftar mendapat 784. Sedangkan masing-masing TPS maksimal ada 300 orang pemilih.

“Ini kelihatannya salah ketik bisa jadi dari operator. Tapi lantas sudah dibetulkan langsung ke pusat (KPU RI),” kata Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran ketika dikonfirmasi makviral.com di Banten, Rabu (24/4/2019).

BACA JUGA : Hanum Rais Komentari Istri Andre Taulany, Malah Dikomentari Netizen Balik

Ia menjelaskan, usulan supaya diperbaiki sudah dikatakan dan tinggal menantikan hasil perbaikan. Ia menjelaskan, KPU dan operator tidak terdapat niat guna menggelembungkan suara di antara calon.

Kejadian serupa pun pernah terjadi pada kemarin di TPS 21 Banjar Agung, Cipocok Jaya. Saat itu, terjadi kekeliruan input guna pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf. Tapi, data langsung dibetulkan operator dan KPU.

BACA JUGA  : Gatot Nurmantyo Temui Prabowo… Bahas Apa Yah?

“Kita tidak sedikitpun terdapat hal laksana untuk menggelembungkan suara atau meningkatkan suara,” tegasnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih andai ada publik yang mengejar adanya kesalahan. Ini sebagai upaya saling mengingatkan dan saling koreksi.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *