Jokowi : Saya Mengambil Freeport, Donald Trump Gak Ngomong Apa-apa

Makviral.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) trafik kerja ke Provinsi Jawa Tengah. Saat di Magelang, Jokowi muncul dalam pertemuan bareng para figur dan kiai se-eks Karisidenan Kedu.

Dalam sambutannya Jokowi sempat menyebut perjuangan pemerintah mengambilalih 51% saham PT Freeport Indonesia. Berdasarkan keterangan dari Jokowi mengambilalih beberapa besar saham di Freeport bukan urusan mudah sebab harus melewati tahap negosiasi yang lumayan panjang, hanya masih saja dituding antek asing.

Baca Juga : Netizen Doakan Ariel Dan Luna Maya Balikan Setelah Keduanya Bertemu…

“Freeport 40 tahun lebih dikelola Freeport McMoRan. Di situ terdapat tanah, gunung. Tapi tidak cukup lebih Rp 2.400 T, anda ambil 51,2% beberapa besar sudah anda ambil. Kok dituduh antek asing? Dipikir ambil laksana ini gampang? Kalau mudah, sudah dipungut sejak dulu. Ini susah negonya,” ujar Jokowi di Magelang, Sabtu (23/3/2019).

Belum lagi terdapat yang mengancam saat pengambilalihan saham Freeport lantaran mesti berurusan dengan Amerika Serikat. Merespons urusan itu, menurut keterangan dari Jokowi, dia tidak merasakan persoalan berhubungan Freeport ketika bertemu semua pemimpin negeri Paman Sam.

Bahkan, kata Jokowi, Presiden Donald Trump juga tidak menyebut soal kepandaian Indonesia memungut 51% saham Freeport.

Baca Juga : Karyawan Hotel Ditangkap Usai Berfoto Dua Jari Di Acara Jokowi

“Banyak yang ucapkan ke saya, ini Amerika lho, ini Amerika lho. Ya saya ngapain sih? Kita negara besar. Saya ambil Freeport, ketemu Obama ketika itu, dia nggak ngomong apa-apa. Saya ketemu Donald Trump, berapa kali 4-5 kali nggak ngomong apa-apa juga. Artinya apa, anda ini takut sebab ditakut-takuti,” tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
Di samping soal Freeport Jokowi pun mengungkit sudah memungut blok migas Rokan dan Mahakam dari pihak asing, namun masih saja yang menuding dirinya antek asing.

“Tahun 2015 namanya Blok Mahakam telah 50 tahun dikelola Prancis dan Jepang. Tapi 2015 Blok Mahakam telah kita ambil 100%. Begitu dituduh antek asing, saya ngomong, telah diambil, difitnah, dituduh lagi antek asing. Blok Rokan dikelola Chevron dari AS telah 90 tahun lebih. 2018 telah dimenangkan 100% oleh Pertamina. Kok dituduh antek asing,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
“Mudah2an balikan @ariel_inst n @lunamaya trs menikah, punya anak, jd family yg sakinah mawadah warohmah, Aamiin…” pungkas akun @moentiex22.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *