Demokrat Diajak TKN Merapat, Menunggu Waktu Yang Tepat?

Makviral.com – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin ‘menggoda’ Partai Demokrat guna merapat ke kubu pasangan nomor urut 01 itu. Demokrat juga memberi sinyal positif, walau masih menantikan waktu yang tepat.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding menyebut kesempatan bergabungnya Demokrat ke kubu Jokowi lumayan besar. Ini menilik dari hubungan Jokowi dengan pimpinan Demokrat yang baik.

“Wacana bergabungnya PD dalam Koalisi Indonesia Kerja adalahwacana yang lumayan wajar menilik komunikasi Presiden Jokowi dengan Susilo Bambang Yudhoyono maupun putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dilangsungkan dengan lumayan baik,” kata Karding untuk wartawan, Sabtu (27/4/2019).

Berdasarkan keterangan dari Karding, sang petahana pun menyambut baik bakal adanya silaturahmi antar elite-elite politik. Untuk tersebut TKN membuka pintu sebesar-besarnya untuk pihak manapun yang hendak menjalin komunikasi kubu Jokowi-Ma’ruf.

“Presiden Jokowi pada intinya menyambut baik komunikasi dan silaturahmi yang dilaksanakan elite-elite politik pasca-Pemilu 2019,” kata Karding.

“Kami dari TKN pun mengajak untuk seluruh elite partai untuk membuat suasana sejuk dengan mengedepankan persatuan bangsa dan tidak membuat narasi provokatif di masyarakat,” sambung politikus PKB itu.

Partai Demokrat merespons positif ‘tawaran’ pihak Jokowi. Berdasarkan keterangan dari Ketua Dewan Kehormatan Demokrat Amir Syamsuddin, pihaknya bakal mempertimbangkan anjuran tersebut.

“Saya kira kalau anjuran itu didasari iktikad baik kalau dilaksanakan pada ketika yang tepat, pastinya bukan urusan yang buruk menurut keterangan dari saya, tersebut hal baik. Kalau anjuran dilandasi iktikad baik pasti kami merasa paling terhormat guna mempertimbangkannya,” ujar Amir.

Soal ‘saat tepat’ yang dimaksud Amir yaitu setelah semua tahapan Pemilu serentak tergolong Pilpres 2019 selesai. Hasil final dari Pemilu ditegaskan Amir mesti diterima seluruh pihak.

“Segala bisa jadi yang terbaik guna bangsa dan negara tidak jarang kali membuka jalan upaya-upaya terbaik yang dilaksanakan siapa saja,” sebutnya.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno angkat bicara atas manuver TKN Jokowi-Ma’ruf. Kubu 01 diminta guna tidak menggoda partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Adil dan Makmur.

“Kita mohon TKN saling menghormatilah. Kita mohon TKN tidak boleh genit ya, namun susah pun kalau TKN dasarnya genit, pengen otak-otak koalisi kami, silakan aja, namanya pun usaha. Monggo. Tapi kami yakin koalisi kami paling solid,” ucap juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade.

Andre menegaskan Prabowo-Sandiaga tak akan terbelah seusai Pilpres 2019. Menurutnya, Demokrat masih terus beraktivitas bareng partai-partai koalisi Prabowo-Sandi lainnya. Andre juga menyoroti tahapan kubu Jokowi yang dinilainya hendak merebut partai-partai penyokong Prabowo-Sandiaga.

“TKN mereka hendak mencoba guna menggoyahkan koalisi kami. Tentu mereka bercita-cita mencoba memancing-mancing partai koalisi kami guna bergabung ke mereka. Bukan melulu Demokrat saja yang diusahakan digoreng sekarang, PAN pun pun digoreng. Bahkan pertemuan Bang Zul sebagai Ketua MPR dengan Pak Presiden Jokowi saja dalam rangka pengangkatan Gubernur Maluku digoreng sedemikian rupa,” bebernya.

“Terhadap Demokrat ini anda tahu tentu akan terdapat upaya untuk menyuruh Demokrat, dan tentu tersebut dalam rangka upaya melemahkan Koalisi Indonesia Adil dan Makmur. Kami memahami sebab kubu sebelah khawatir sebab takutnya ternyata sesudah real count Pak Prabowo yang menang. Ini diusahakan didorong-dorong dulu supaya koalisi kami goyah,” tambah Andre.

BACA JUGA : Jokowi Dan Zulkifli Hasan Bertemu, Sandiaga Tak Cemas

Meski begitu, BPN Prabowo-Sandiaga disebut bakal tetap solid. Koalisi Indonesia Adil-Makmur pun, kata Andre, tak bakal terpisahkan sebab sudah mempunyai tali persaudaraan yang kuat.

“Kebersamaannya sangat spektakuler ya, tidak saja sekadar kebersamaan, terdapat rasa persaudaraan kami di BPN, sama-sama berusaha memenangkan Pak Prabowo. Kita saling berusaha sesama saudara politisi, tidak saja koalisi,” katanya.

BACA JUGA : Ketua BPN Prabowo Sandi : Kalau Kalah Pasti Sudah Direkayasa

“Saya sebagai anak-anak muda di koalisi menikmati bersaudara dengan politisi-politisi muda yang terdapat di Demokrat, PAN, Berkarya, PKS. Meski lain partai, kebersamaan kita paling luar biasa,” tutup Andre.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *